Blog ini adalah sebuah rangkuman tulisan dari berbagai sahabat blogger lainnya,dan tidak lupa pula kami akan memberi link sumbernya.Terima kasih

Selasa, 22 Maret 2011

Cara Install Ulang Windows 7, Dengan Flasdisk, Harddisk, Bootable


Cara Install Ulang Windows 7

DVD Windows 7 ke dalam Flasdisk. Penguna notebook tanpa CD atau DVD ROM drive mungkin kesulitan menginstall OS WIndows 7. Satu software utility untuk membantu memindahkan isi DVD Windows 7 ke USB telah diberikan oleh Microsoft.

Utility tersebut dapat dilihat di CodePlex.com atau dapat mendownload langsung via Microsoft Windows7-USB-DVD-tool.exe

Cara menginstall, cukup mengikuti instruksi dari utility tersebut.

Cara Install Ulang Windows 7 Menggunakan USB Dengan Pake Flash Disk

1. Siapkan flash disk minimal 4 GB karena kapasitas dari file windows 7 ultimate sendiri kurang lebih 3 GB dan tentunya siapkan juga Laptop atau PC yang ada DVD drivenya dan DVD windows 7 ultimate.
2. Masukkan flash disk ke colokan USB laptop kamu, flash disk ini nantinya akan diformat ulang, jadi backuplah dahulu isinya karena akan terhapus semua.
3. Buka jendela Command Prompt dengan menekan tombol di keyboard simbol windows + R, ketik cmd lalu klik OK
4. Di jendela Command Prompt yang baru muncul, ketik DISKPART dan tekan ENTER,
5. Ketik LIST DISK kemudian ENTER, akan muncul semua size drive. Lihatlah ukuran dari masing-masing drive untuk mengenal yang mana flash disk dan hardisk kamu. Di laptop saya, Disk 0 ukurannya 298 GB dan Disk 1 ukurannya 3856 MB. Berarti, Disk 1 adalah flash disk 4 GB saya.
6. Ketik perintah berikut secara berurutan :
SELECT DISK 1 enter
CLEAN enter
CREATE PARTITION PRIMARY enter
SELECT PARTITION 1 enter
ACTIVE enter
FORMAT FS=NTFS enter
Tunggu sampai 100 % completed
ketik EXIT dan tekan enter.
7. Minimize jendela Command Prompt tadi
8. Masukkan DVD Windows 7 ke dalam DVD drive dan perhatikan drive letter DVD drive tadi (nama drive yang terbaca). Ingat drive letter DVD drive dan flash disk kamu.
Pada laptop saya, drive F adalah DVD Windows 7 dan drive G adalah flash disk saya.
9. Maximize jendela Command Prompt yang tadi kamu minimized, ketik perintah berikut satu demi satu :
F:CD BOOT dan tekan enter (F adalah drive DVD Windows 7 saya)
CD BOOT tekan enter
BOOTSECT.EXE/NT60 G: tekan enter (G adalah flash disk saya)
10. Tutup jendela Command Prompt.
11. Copy semua file dari DVD Windows 7 ultimate ke dalam flash disk kamu, Selamat, sekarang flash disk kamu siap digunakan untuk menginstal Windows 7 ultimate.
Trik install windows 7 ultimate menggunakan flashdisk tanpa bantuan software ini cocok buat install windows pada netbook yang notabene tidak mempunyai cd room maupun dvd room.
Sebenarnya masih ada cara lain install windows 7 menggunakan Flash disk dengan bantuan WintoFlash dan menggunakan software dari microsoft sendiri yaitu Windows 7 USB / DVD.



Cara Membuat Bootable Flash Disk Windows 7


bootable flash diskBagaimana cara membuat windows bootable flash disk? Demikianlah tugas yang akan kita kerjakan kali ini. Pada beberapa artikel sebelumnya, saya telah menulis artikel Apa Dan Mengapa Install Ulang Sistem Operasi Windows. Artikel ini ada kaitannya dengan artikel tersebut. Jika suatu waktu Anda harus menginstall ulang windows, maka selain CD installer Anda juga bisa menggunakan Flash disk sebagai bootable windows. Oleh karena itu kita harus membuatnya lebih dahulu.
Memiliki flash disk bootable sangat penting, terutama jika Anda adalah pengguna Netbook yang tidak mempunyai CD ROM internal. Menggunakan USB bootable untuk menginstal sistem operasi (OS) tidak hanya membuat instalasi lebih cepat, tetapi juga dapat menyimpan file instalasi yang sangat besar yang biasanya disimpan dalam DVD. Membuat atau menggunakan USB drive untuk menginstal sistem operasi Windows sangat mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini.

1. Masukkan flash disk dengan minimal space 4GB yang masih kosong karena akan dijadikan bootable flash disk.
2. Buka Command Prompt dengan cara klik [Start] dan ketik [CMD] dalam kotak search lalu tekan [Enter]. Alternativelain adalah melalui ; Start >All programs>Accessories> klik kanan pada Command Prompt dan pilih [run as administrator].
3. Ketika Command Prompt terbuka, masukkan command/perintah berikut: DISKPART lalu klik [Enter], LIST DISK lalu klik [Enter]. Setelah Anda masukkan perintah LIST DISK, ia akan menampilkan nomor disk USB drive Anda.
4. Dalam langkah ini Anda harus memasukkan semua perintah di bawah ini satu per satu lalu tekan enter.
5. SELECT DISK 1 lalu klik [Enter], (nomor 1 adalah sesuai nomor flash disk Anda seperti pada gambar diatas )
6. CLEAN lalu klik [Enter],
7. CREATE PARTITION PRIMARY lalu klik [Enter],
8. SELECT PARTITION 1 lalu klik [Enter],
9. ACTIVE lalu klik [Enter],
10. FORMAT FS=NTFS lalu klik [Enter], (mohon sabar karena proses format akan memakan waktu beberapa puluh menit baru Anda ketik perintah selanjutnya)
11. ASSIGN lalu klik [Enter],
12. EXIT lalu klik [Enter], (Jangan tutup command prompt sebelum seluruh proses selesai). bootable flash disk
13. Masukkan DVD Windows Anda dalam drive optik dan catat huruf drive dari drive optik dan media flash disk. Di sini saya gunakan “D” sebagai huruf kode drive DVD dan huruf “H” sebagai huruf drive flash disk.
14. Kembali ke command prompt dan jalankan perintah berikut; D:CD BOOT lalu tekan [Enter], dimana “D” adalah huruf kode DVD drive.
15. CD BOOT dan tekan [Enter] lalu perhatikan akan muncul suatu jendela pesan yang kira-kira seperti berikut; BOOTSECT.EXE/NT60 H: (dimana “H” adalah huruf kode flash disk drive)flash disk bootable
16. Sekarang Salin isi DVD Windows ke USB.

Dengan selesainya langkah copy pada point 17 diatas maka proses pembuatan flash disk bootable selesai. Anda sekarang dapat menggunakan flash disk ini sebagai bootable USB pada setiap komputer yang dilengkapi dengan fitur boot from USB (sebagian besar motherboard saat ini mendukung fitur ini).

Catatan; panduan ini hanya pada Windows 7 dan Vista, tidak akan bekerja pada komputer windows XP jadi caranya lain lagi. Saya sarankan baca dengan seksama petunjuk diatas sebelum anda mulai membuatnya.



Cara install Windows 7 ke External USB Harddisk

Alat yang diperlukan:

* Sebuah Harddisk eksternal yang diformat dengan partisi NTFS
* Instalasi file Windows 7. (Jika punya file .ISO windows 7, mount lah dengan memakai program virtual cd kesukaan masing2)
* Windows Automated Installation Kit (Download gratis dari microsoft)

Catatan: Pastikan isi ruang eksternal harddisk masih tersisa sekitar 15GB ( atau lebih ) sebelum memulai prosedur ini, meskipun tidak disarankan untuk menghapus seluruh isi harddisk eksternal anda, pastikan bahwa file file penting didalamnya telah dibackup terlebih dahulu.

Prosedurnya:

1. Buat lah dua folder dengan nama Windows Files dan WAIK Files di desktop atau tempat lain yang mempunyai ruang kosong minimal 5GB.

2. Download file ZIP disini, kemudian ekstraklah semua isinya kedalam folder WAIK Files, sebelum memulai prosedur sebenarnya, kita memerlukan tiga buah file: cdboot.exe, Bootsect.exe dan Imagex.exe. ketiga file tadi hanya dapat ditemukan setelah kita menginstall indows Automated Installation Kit untuk Windows 7 pada PC windows kita. Setelah kita menginstall indows Automated Installation Kit, temukan ketiga filenya copy dan masukkan kedalam folder WAIK Files yang telah kita buat tadi spt pd langkah no-1.

Jika belum punya CD instalasi WAIK tadi (atau males downloadnya karena lumayan gede filenya – 1,7GB!!) Silahkan download ajah linknya dibawah ini:

Link Download 3WAIK-Files

3. Copy lah semua isi DVD windows 7 kita kedalam folder Windows Files.
4. Langkah selanjutnya, jalankan file Installer.cmd, yang berada didalam folder WAIK Files, jalankan sebagai hak akses Administrator ( Klik kanan filenya dan pilih “Run as Administrator”). Pada tampilan pertama layar, kita akan ditanya untuk menekan tombol “Enter” untuk melanjutkan.

Tekan tombol Enter untuk mencari file instalasi install.wim yang berada didalam folder Windows Files, file dapat ditemukan pada folder:

Windows Files/Sources/install.wim


5. Sekarang kita harus memilih edisi windows 7 yang kita inginkan, misalkan kita mau menginstall windows 7 ultimate pada external usb harddisk dengan cara mengetikkan sesuai angka dibelakangnya. Contoh: ketikkan angka “5″ (tanpa tanda kutip) untuk memilih edisi ultimate.

6. Selanjutnya ketikkan hurup drive eksternal harddisk kita dan tekan Enter. Misalkan Harddisk eksternal kita berhurup L ( Ketik L lalu tekan Enter)

7. Sekarang ketikkan Partisi yang lagi aktiv saat ini dan tekan Enter, biasanya C:. Untuk mengetahuinya dapat menggunalan tool Windows Disk Management (ketikkan diskmgmt.msc di kotak pencarian pada start menu windows 7)


8. Akhirnya, proses instalasi akan menanyakan apakah kita akan menginstall windows 7 pada harddisk eksternal usb kita, tekan tombol Y untuk melanjutkan.

Akhirnya tekan tombol Enter untuk memulai mengekstrak file install.wim. Proses ini bisa memakan waktu yang agak lama. Kemudian kita akan ditanya untuk me-restart komputer kita dan proses penginstallan windows akan berjalan normal seperti biasa.

9. Reboot PC kita, dan ikuti langkah2 penginstallan windows 7 biasanya pada eksternal harddisk. Komputer kita mung akan restart dua hingga tiga kali.

Dengan catatan, proses penginstallan ini akan lebih lambat dari biasanya dikarenakan kita menginstall nya pada USB harddisk.
10. Sesudah itu, barulah kita dapat menginstall driver untuk masing2 hardware yang ada di komputer kita untuk memulai menggunakan sofwer windows 7

0 komentar:

Cari Artikel Disini

zwani.com myspace graphic comments

  • Web
  • melek-it

  • ShoutMix chat widget
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    No Rek : 5310403115
    A/N : Joko Sugianto



    From Jakarta,Indonesia
    college STMIK Jakarta' Radio Dalam.