Blog ini adalah sebuah rangkuman tulisan dari berbagai sahabat blogger lainnya,dan tidak lupa pula kami akan memberi link sumbernya.Terima kasih

Selasa, 18 Januari 2011

Sejarah Singkat Internet

1969: ARPANET
Arpanet merupakan jaringan pertama yang berjalan diatas teknologi packet switching (saat itu masih baru dikenal). Pada tanggal 29 Oktober untuk pertama kalinya komputer yang berada di Standford and UCLA saling terhubung dalam sebuah jaringan komputer. Inilah yang merupakan cikal bakal berdirinya internet.
1969: Unix

Salah satu perkembangan terbesar di era 60-an adalah ditemukannya Unix. Sebuah sistem operasi yang kini menjadi dasar perkembangan sistem operasi lain seperti Linux dan FreeBSD (Sistem Operasi yang saat ini terkenal dengan ketangguhan dan kestabilannya).
1970: Arpanet Network
Sebuah jaringan bernama Arpanet Network resmi diluncurkan dan berhasil menghubungkan komputer-komputer di Harvard, MIT, dan BBN (perusahaan yang membuat dan mendesain interface message processor yang digunakan untuk interkoneksi dalam suatu jaringan.
1971: Email

Email pertama kali dikembangkan pada tahun 1971 oleh Ray Tomlinson, yaitu seorang yang juga menetapkan penggunaan simbol “@” sebagai pemisah antara username dengan computer name (yang nantinya berubah menjadi domain name).
1971: Project Gutenberg dan Ebook

Salah satu dari perkembangan besar pada tahun 1971 adalah dimulainya Proyek Gutenberg. Proyek ini merupakan kegiatan usaha global untuk membuat buku dan dokumen yang berada pada kehidupan sehari-hari menjadi tersedia dalam bentuk elktronik, dan dapat diakses / diperoleh secara bebas/gratis dalam berbagai format.
Proyek ini dimulai ketika Michael Hart memperoleh akses ke sebuah sistem block komputer yang cukup besar, dan kemudian menyadari bahwa perkembangan komputer di masa depan bukanlah merupakan komputer itu sendiri, tetapi lebih kepada penyimpanan, pengambilan informasi, dan perncarian informasi. Ia kemudian meluncurkan Proyek Gutenberg yang berisikan berbagai buku dalam format elektronik. Inilah yang merupakan cikal bakal dari eBook.
1972: CYCLADES
Perancis memulai proyek serupa dengan jaringan arpanet pada tahun 1972, yang dikenal dengan nama CYCLADES. Walaupun proyek ini tidak diteruskan lagi, proyek ini menjadikan pionir pertama yang memberikan ide bahwa: komputer host-lah yang seharusnya bertanggung jawab dalam transimisi data, ketimbang jaringan itu sendiri.
1973: Koneksi lintas Atlantik pertama dan Meningkatnya Popularitas Email
Arpanet membangun sambungan lintas atlantik pertamanya pada tahun 1973 bersama dengan Universitas London. Di tahun yang sama juga dikalkulasi bahwa Email memenuhi 75% trafik aktifitas jaringan Arpanet.
1974: Dimulainya Era TCP/IP

Tahun 1974 merupakan tahun yang sangat luar biasa. Diterbitkannya sebuah proposal yang bertujuan menggabungkan beberapa jaringan yang sejenis dengan Arpanet menjadi satu jaringan yang disebut “inter-network”, dimana jaringan ini tidak memiliki kontrol yang terpusat dan akan beroprasi berdasarkan suatu protokol kontrol tersendiri (Inilah yang nantinya akan berkembang menjadi TCP/IP)
1975: Email Klien
Dengan meningkatnya popularitas email, akhirnya dikembangkan program email modern pertama. Program ini dikembangkan oleh John vittal, seorang programmer di Universitas California pada tahun 1975. Sebuah teknologi terbesar yang dibuat pada program ini adalah diterapkannya fungsi “Reply” dan “Forward”.
1977: Modem PC
Tahun ini merupakan lonjakan yang revolusioner bagi Internet. Di tahun 1977 ini pertama kalinya dikembangkan sebuah alat bernama Modem (modulator/demodulator). Alat ini dikembangkan oleh Dennis Hayes dan Dale Heatherington.
1978: Buletin Board (BBS)
Buletin Board System peratama kali dikembangkan disaat terjadi kekacauan di Chicago pada tahun 1978.
1978: Lahirnya Spam
Tahun 1978 juga merupakan tahun dimana pertama kalinya sebuah pesan sampah yang biasa dikenal dengan istilah SPAM menyebar kepada 600 pengguna jaringan Arpanet di California. Pesan ini dikirimkan oleh user bernama Gary Thuerk.

1979: MUD- Game Multiplayer Pertama

Pendahulu dari World of Warcraft dan Second Life dikembangkan pertama kali pada tahun 1979 dan disebut dengan MUD (Multiuser Dungeon). MUD merupakan dunia yang seluruhnya berbasiskan teks. Merupakan game yang memiliki perpaduan elemen RPG, interaktif, fiksi, dan online chat.
1979: Usenet
Usenet pertama kali dibangun oleh dua orang mahasiswa. Merupakan sistem diskusi berbasis internet yang mengijinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk membahas suatu topik yang telah di kategorisasikan.
1980: Software ENQUIRE
Organisasi Riset Nuklir Eropa (biasa dikenal dengan nama CERN) meluncurkan program bernama ENQUIERE (dibuat oleh Tim Berners-Lee), yaitu sebuah program hyperteks yang mengijinkan para ilmuwan di laboratorium fisika pratikel untuk mencatat perubahan kegiatan setiap orang, program, dan project menggunakan hyperteks (hyperlink).
1982: Emoticon pertama

Banyak orang yang mengidentikan Kevin MacKenzie dengan penemuan Emoticon pada tahun 1979, Namun Scott Fahlman lah yang pertama kali mempromosikan penggunaan :-) disaat selesai bercanda, ketimbang emoticon awal – ) yang dipromosikan oleh MacKenzie. Inilah cikal bakal lahirnya emoticon modern.
1983: Arpanet beralih ke TCP/IP
1 Januari 1983, merupakan deadline yang diberikan kepada komputer-komputer Arpanet untuk beralih menggunakan protokol TCP/IP yang dikembangkan oleh Vinton Cerf. Protokol ini sukses menghubungkan beberapa ratus komputer. Name Server juga dikembangkan pada tahun 1983.
1984: Domain Name Server (DNS)
Domain Name System dibuat pada tahun 1984 bersamaan dengan Domain Name Server (DNS) pertama. DNS merupakan sistem yang sangan penting karena dapet membuat alamat yang ada pada internet menjadi lebih user friendly ketimbang IP Address yang berformat bilangan. Dengan DNS, pengguna internet dijinkan untuk menggunakan nama domain yang mudah diingat yang kemudian nantinya dapet dikonversi secara otomatis menjadi IP Addresss.
1985: Komunitas virtual
1985 merupakan tahun dikembangkannya The Well (Whole Earth ‘Lectronic Link) yang merupakan salah satu komunitas virtual tertua yang hingga kini masih beroperasi. Komunitas ini dikembangkan oleh Stewart Brand dan Larry Brilliant pada bulan Februari 1985.
1986: Protocol Wars
Sebuah kondisi yang desebut Protocol Wars dibulai pada tahun 1986. Negara-negara eropa pada saat itu sedang mengejar untuk membangun OSI (Open System Interconnection), sedangkan Amerika menggunakan Protokol Internet/Arpanet.
1987: Pertumbuhan Internet Meningkat
Di tahun 1987, telah terdapat sekitar 30.000 host terhubung ke Internet. Standard asli Arpanet sebenarnya membatasi jumlah host sebanyak 1000 host, namun berkat diadopsinya teknologi TCP/IP membuat jumlah host yang dapat terkoneksi menjadi semakin besar.
1988: IRC (Internet Relay Chat)
Internet Relay Chat (IRC) pertama kali dikembangkan pada tahun 1988. Inilah yang menjadi cikal bakal real-time chat dan program Instant messaging yang digunakan sekarang.
1989: Diluncurkannya AOL
Ketika Apple menarik mundur program Applelink di tahun 1989, project tersebut kemudian diberi nama baru yaitu American Online dan kemudian di publish kembali. AOL masih ada hingga kini.
1989: Proposal mengenai World Wide Web (WWW)
Di tahun 1989 juga proposal mengenai World Wide Web diumumkan. Proposal ini ditulis oleh Tim Berners-Lee. Proposal ini sebenarnya telah di publikasikan pada Majalah MacWorld edisi maret, dan kemudian di publikasi kembali pada Mei 1990. Proposal ini dibuat untuk meyakinkan CERN bahwa sistem hyperteks global merupakan sistem yang benar-benar dibutuhkan oleh CERN. Sistem ini awalnya disebut dengan “Mesh”. Istilah “World Wide Web” baru dicetuskan oleh Berners-Lee disaat menulis kode program pada tahun 1990.
1990: ISP Dial Up Komersial Pertama
Tahun 1990 merupakan tahun lahirnya ISP Dial Up pertama. Tahun 1990 juga merupakan tahun yang sama dimana Arpanet resmi berhenti beroperasi.
1990: Protokol World Wide Web Selesai Dibuat
Code untuk WWW pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee, berdasarkan proposal yang diajukannya setahun sebelumnya bersama dengan standar untuk HTML, HTTP, dan URL.
1991: Halaman Web Pertama Dibuat
Tahun 1991 membawa banyak inovasi besar bagi perkembangan dunia Intenet. Halaman web untuk pertama kalinya dibuat dan seperti saat email pertama kali di luncurkan, email tersebut menjelaskan tentang apa itu email, halaman web pertama pun berisi penjelasan mengenai apakah yang dimaksud dengan World Wide Web itu sendiri.

1991: Protokol Pencarian Berbasis Konten

Di tahun yang sama juga, protokol pencarian pertama diluncurkan. Protokol ini bertugas untuk memeriksa isi konten ketimbang hanya memeriksa nama file saja. Protokol ini disebut dengan Gopher.
1991: MP3 Menjadi Sebuah Standar
Di tahun 1991 juga, sebuah format audio bernama MP3 resmi diakui dan diterima sebagai standar format audio. MP3 merupakan formal file audio yang terkompresi sangat tinggi.
1991: Webcam Pertama
Satu perkembangan lain yang menarik di 1991 adalah digunakannya Webcam untuk pertama kalinya di Laboratorium Komputer Universitas Cambridge dan ini semata-mata ditujukan hanya untuk memonitor sebuah coffee maker sehingga para pengguna laboratorium dapat menemukan jalan menuju coffee maker dengan mudah.
1993: Mosaic-Web Browser Berbasis Grafik Pertama Kali Diperkenalkan
Untuk pertama kalinya browser internet yang dapat di download secara bebas telah dirilis. Browser ini diberi dikenal dengan nama Mosaic. Meskipun secara sejarah Mosaic bukan merupakan web browser pertama, namun Mosaic merupakan web browser pertama yang dianggap paling dapat mempermudah pengaksesan internet bagi para pengguna non teknis.
1993: Bergabungnya Pemerintah Dalam Dunia Internet
Di tahun 1993 untuk pertama kalinya White House dan United Nation online. Domain name yang digunakan pertama kali adalah .gov dan .org
1994: Netscape Navigator
Yup, kompetitor besar Mosaic pertama. Netscape Navigator dirilis pada tahun 1994.
1995: Komersialisasi Internet
Tahun 1995 sering dianggap sebagai tahun pertama dimulainya web menjadi komersial. Ada beberapa perkembangan yang sangat penting terjadi di tahun ini. Untuk pertama kalinya enkripsi SSL (Secure Socket Layer) dikembangkan oleh Netscape. Dengan adanya SSL, diharapkan transaksi finansial yang dilakukan melalui Internet menjadi lebih aman.
1995: Geocities dan Javascript
Salah satu perkembangan besar di tahun ini adalah diluncurkannya Geocities (yang mana resmi di tutup pada tanggal 26 Oktober 2009).
Javascript (Livescript) sebutan yang deberikan oleh pembuatnya Brendan Eich di kembangkan untuk pertama kalinya sebagai bagian dari Netscape Navigator. Di tahun yang sama juga, Microsoft mengembakan ActiveX.
1996: Layanan Webmail Pertama

Di tahun 1996, Hotmail yang merupakan layanan webmail pertama diluncurkan ke public.
1997: Istilah “Weblog” diperkenalkan
meskipun blog pertama telah ada sekitar beberapa tahun sebelumnya, di tahun 1997 inilah istilah resmi weblog digunakan.
1998: Cerita Pertama Yang Dibocorkan Melalu Media Online
Berita besar yang pertama kali dibocorkan melalui Internet adalah berita tentang skandal antara Bill Clinton dan Mocica Lewinsky. Atau biasa dikenal dengan istilah Monicagate.
1998: Google!

Google diluncurkan dan tersedia secara umum pada tahun 1998. Google merupakan teknologi revolusioner yang dapat memudahknan orang untuk menemukan informasi di dunia maya.
1998: Lahirnya Internet Based File Sharing
Di tahun 1998 juga, napster resmi diluncurkan yang akhirnya membuka gerbang pertukaran file audio besar-besaran secara online.
1999: Proyek SETI@Home
Tahun 1999 satu lagi proyek yang cukup menarik tersedia secara online. Proyek SETI@home ini merupakan proyek yang bertujuan untuk membuat sistem komputer yang setara dengan kemampuan supercomputer dengan cara mengendalikan komputasi dan menghubungkan komputer-komputer sebanyak 3 juta unit worldwide. SETI@home akan menggunakan processsor disaat idle / screen saver aktif yang menandakan komputer sedang tidak digunakan. Program SETI@home merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan analisa data radio teleskop dengan tujuan untuk mencari tanda-tanda keberadaan kehidupan ekstraterestrial.
2001: Wikipedia
Di tahun 2001 ditandai dengan diluncurkannya wikipedia, yaitu sebuah ensiklopedia berbasis web dimana setiap pengguna internet dimungkinkan untuk dapat berpartisipasi langsung di dalamnya.
2003: Meningkatnya Teknologi VoIP
Skype meluncurkan layanannya secara resmi di tahun 2003 dan menawarkan interface yang user friendly dalam menggunakan percakapan over IP.
2003: Myspace Menjadi Layanan Social Network Terpopuler
Di tahun 2003 juga, Myspace memulai perjalanannya sebagai sebuah aplikasi social networking yang kemudian tumbuh menjadi aplikasi social network terpopuler dan terbesar di saat itu. (Sebelum diambil  alih oleh facebook).
2004: Web 2.0
Dirumuskan pertama kali pada tahun 1999 oleh Darcy DiNucci. Istilah Web 2.0 lebih mengarah ke website dah Rich Internet Application (RIA) yang benar-benar sangat interaktif. Konsep ini kemudian menjadi populer di tahun 2004.
Dalam konferensi awal mengenai web 2.0, John Batelle dan Tim O’Reilly menerangkan mengenai konsep “Web sebagai platform” yaitu software dibuat untuk mengambil keuntugan dari koneksi internet, meninggalkaan konsep desktop (dimana banyak memiliki kekurangan seperti OS dependency).
2004: Social Media dan Digg
Istilah “Social Media” diyakini pertama kali digunakan oleh Chris Sharpley. Website social media adalah merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang mengijnkan penggunanya untuk membuat dan saling berbagi mengenai informasi tertentu.
Digg, merupakan sebuah website social media yang diluncurkan pertama klai pada bulan November 2004. Merupakan pelopor website lainnya seperti Reddit, Mixx, dan yahoo! Buzz.
2004: Facebook Pertama Kali Dibuka Untuk Kalangan Mahasiswa

Facebook pertama kali diluncurkan pada tahun 2004, dan saat itu hanya dibuka untuk kalangan mahasiswa. Saat peluncuran pertama kali facebook dikenal dengan naman “The Facebook”, yang kemudian berubah menjadi “Facebook”. Hingga kini URL http://www.thefacebook.com masih tetap akhif.
2005: Youtube – Video Streaming
Youtube diluncurkan pada tahun 2005, menawarkan layanan online video hosting secara gratis yang kemudian dapat di sharing kepada pengguna lain.
2006: Twitter
Twitter diluncurkan pada tahun 2006. Awalnya tweeter ingin deberi nama “twittr” (terinspirasi dari Flickr). Pesan pertama yang ada pada tweeter pada saat itu adalah “Just setting up my twttr”.
2007: TV Online
Hulu pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 dan merupakan kerjasama antara AVC, NBC, dan Fox yang bertujuan untuk membuat acara yang populer di televisi tersedia secara online dan dapat di tonton secara online.
2007: iPhone dan Mobile Web

Inovasi terbesar di tahun 2007 hampir dapat dipastikan adalah iPhone yang merupakan hasil dari kerjakeras Apple dalam usahanya memadukan keindahan desain, kemampuan telepon selular, dan teknologi komputer.
2008: Pemilu Berbasis Internet
Pemilihan Umum pertama yang berbasis internet dilakukan pertama kali pada tahun 2008 pada saat pemilihan Presiden Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya lah para kandidat menggunakan seluruh potensi yang dimiliki oleh internet untuk melakukan kampanye mereka. Dimulai dengan Hillary Cliinton yang membuat video kampanye melalui youtube. Kemudian disusul dengan kandidat lainnya. Para kandidat bahkan memiliki halaman di website social networking seperti facebook, twitter, dan lainnya.
source :
http://sixrevisions.com/resources/the-history-of-the-internet-in-a-nutshell/

0 komentar:

Cari Artikel Disini

zwani.com myspace graphic comments

  • Web
  • melek-it

  • ShoutMix chat widget
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    No Rek : 5310403115
    A/N : Joko Sugianto



    From Jakarta,Indonesia
    college STMIK Jakarta' Radio Dalam.