Blog ini adalah sebuah rangkuman tulisan dari berbagai sahabat blogger lainnya,dan tidak lupa pula kami akan memberi link sumbernya.Terima kasih

Senin, 19 September 2011

Berbagai macam tipe kaset handycam

  1. Mini DVD
    Bagi pengguna non-professional, media penyimpan mini DVD adalah yang paling banyak digunakan. Para penggunanya biasanya ingin langsung menyaksikan hasil rekaman tanpa perlu meng-edit rekamannya terlebih dahulu. Kualitas yang dihasilkan tergantung jenis handycam yang digunakan, standard definition atau high definition. Mini DVD dapat diputar pada DVD player dan setelah merekam dapat langsung disaksikan hasilnya dalam waktu singkat. Meski demikian, rekaman yang disimpan pada keping DVD memerlukan proses yang panjang/lama untuk bisa di-edit.
    Keunggulan:
    Hasil rekaman dapat langsung diputar pada handycam atau DVD player
    Kelemahan:
    Peng-edit-an setelah shooting lebih sulit dilakukan
    Cocok untuk:
    Anda yang gemar membuat film pendek maupun yang ingin menyaksikan hasil rekaman langsung tanpa di-edit
    Format high definition yang menggunakan media mini DVD adalah AVCHD. Kualitas gambar yang dihasilkan berada diatas standard definition namun karena hasilnya disimpan dalam bentuk DVD, memiliki kelemahan dalam penyuntingan hasil akhir. Harga untuk handycam yang menggunakan format ini juga masih tinggi.
    Keunggulan:
    Video yang dihasilkan berkualitas tinggi
    Kelemahan:
    Handycam yang mendukung AVCHD mahal dan proses peng-edit-an sulit
    Cocok untuk:
    Penggemar teknologi dan pecinta high definition yang ingin menyaksikan hasil rekaman langsung tanpa di-edit
  2. MiniDV
    Kaset MiniDV sudah beredar selama 13-15 tahun. Dengan ukuran sebesar kotak korek api, kaset MiniDV mampu merekan gambar dengan kualitas standard definition maupun high definition. Handycam standard definition yang menggunakan MiniDV sebagai media penyimpan dapat ditemukan dipasaran dengan harga yang terjangkau. Demikian pula kaset MiniDVnya yang juga banyak dijual dengan harga Rp 30.000-50.000. Hasil rekaman dapat ditransfer ke PC/komputer dengan menggunakan kabel FireWire untuk kemudian biasanya di-edit lalu ditransfer ke media lain yang lebih banyak digunakan yaitu DVD.

    Keunggulan:
    Handycam yang menggunakan MiniDV harganya sangat terjangkau
    Kelemahan:
    Mencari adegan pada timeline tertentu pada kaset MiniDV agak merepotkan
    Cocok untuk:
    Video editor, pembuat film singkat
    Selain standard definition, MiniDV juga dapat digunakan untuk menyimpan rekaman high definition menggunakan handycam khusus high definition. Hasil rekaman yang ada juga dapat diterima oleh kebanyakan program video editing. Hanya saja kelemahannya adalah harga untuk handycam yang mendukung high definition dapat mencapai 3 kali lipat harga handycam standard definition.
    Keunggulan:
    Kualitas gambar yang terbaik, mudah di-edit dan media penyimpanan yang murah
    Kelemahan:
    Harga handycam yang mendukung format high definition masih mahal
    Cocok untuk:
    Pembuat film dan pecinta HDTV
  3. Harddisk
    Selain DVD dan miniDV, media lain yang dipakai adalah harddisk. Harddisk yang serupa dengan yang terdapat dalam komputer Anda namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil sehingga muat didalam handycam. Keunggulan media penyimpan ini adalah kemampuannya untuk menyimpan rekaman video dalam jumlah yang jauh lebih besar bila dibandingkan DVD atau miniDV.
    Sebagai perbandingan, DVD dan miniDV mampu menyimpan sampai 1,5 jam rekaman video sedangkan harddisk memiliki kapasitas penyimpanan setara 5 jam film high definition atau 37,5 jam video dengan kualitas paling rendah.
    Namun, karena format video yang digunakan adalah AVCHD yang sudah dikenal sulit untuk di-edit, maka untuk menyunting lebih lanjut hasil rekaman memerlukan program khusus yang biasanya disertakan dalam pembelian paket handycamnya. Dimana program-program tersebut biasanya kurang memadai untuk penyuntingan secara professional.
    Selain itu, apabila ditengah perjalanan Anda kehabisan space harddisk, Anda tidak dapat dengan mudah menggantinya dengan harddisk cadangan sebagaimana dapat dilakukan oleh DVD atau miniDV
    Keunggulan:
    Daya tampung yang jauh lebih besar
    Kelemahan:
    Kurang mendukung penyuntungan hasil akhir, harddisk tidak dapat diganti bila penuh
    Cocok untuk:
    Anda yang merekam banyak video dalam sekali jalan
  4. Flash Memory
    Hampir sama dengan harddisk, media penyimpan yang terakhir adalah memory card. Keunggulannya adalah harga handycamnya yang sangat murah. Namun Anda tidak dapat mengharapkan kualitas rekaman yang prima, meskipun juga tidak terlalu jelek.
    Keunggulan:
    Harga handycam yang jauh lebih murah
    Kelemahan:
    Kualitas rekaman yang dihasilkan tidak terlalu bagus
    Cocok untuk:
    Anak-anak, pemula
Sampai disini, berikut ini urut-urutan yang harus Anda putuskan untuk menentukan media penyimpan mana yang terbaik untuk Anda
  1. Apakah Anda akan merekam video dalam jumlah yang banyak dalam sekali jalan? Kalau ya, pilihlah handycam yang menggunakan harddisk sebagai media penyimpan.
  2. Apakah nantinya Anda akan meng-edit hasil rekaman Anda?
  3. Apakah Anda menyediakan anggaran untuk handycam high definition atau cukup yang standard definition?
Kalau Anda ingin mengedit rekaman Anda dan Anda memilih format high definition, pilihlah handycam MiniDV yang mendukung format high definition.
Kalau Anda ingin mengedit rekaman Anda dan Anda memilih format standard definition, pilihlah handycam MiniDV yang mendukung format standard definition.
Kalau Anda tidak akan mengedit rekaman Anda dan Anda memilih format standard definition, pilihlah handycam mini DVD yang mendukung format standard definition.
Kalau Anda tidak akan mengedit rekaman Anda dan Anda memilih format high definition, pilihlah handycam mini DVD yang mendukung format high definition.
Kalau Anda hanya ingin merekam untuk bersenang-senang atau memiliki budget terbatas, pilihlah handycam yang menggunakan memory card sebagai media penyimpan.

0 komentar:

Cari Artikel Disini

zwani.com myspace graphic comments

  • Web
  • melek-it

  • ShoutMix chat widget
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    No Rek : 5310403115
    A/N : Joko Sugianto



    From Jakarta,Indonesia
    college STMIK Jakarta' Radio Dalam.